Cara Untuk Mengatasi Rambut Kering

Rambut adalah mahkota kecantikan bagi wanita, tidak heran jika wanita selalu risih dan resah apabila rambutnya terkena sebuah masalah. Salah satu masalah pada rambut adalah rambut nampak kering. Rambut yang kering biasanya disebabkan oleh beberapa hal, misalkan saja rambut terlalu lama terkena sinar matahari, jika rambut terkena sinar matahari tidak hanya membuat rambut kering bisa juga menyebabkan kulit kepala yang gatal. Penyebab lainnya adalah kesalahan dalam memilih produk kesehatan rambut, baik itu shampoo ataupun produk lainnya, kesalahan yang terjadi pada produk tersebut adalah bahan kimianya yang tidak cocok dengan rambut Anda, juga terlalu sering melakukan rebonding dan smoothing.

Melihat dari penyebab rambut diatas sebenarnya penanganannya sangat mudah, jika rambut kering masih dalam kategori ringan dan sedang, tetapi bagaimanapun juga jika rambut kering tidak diatasi, akan menyebabkan kerontokan pada rambut, tak hanya itu, rambut akan menjadi kusam dan warnanya tidak secerah seperti biasanya.

Jika Anda bermasalah dengan rambut kering, ikutilah beberapa cara untuk mengatasi rambut kering dibawah ini. Ada beberapa cara alami dan mudah untuk mengatasi masalah rambut kering, apa saja caranya, simak selengkapnya:

Ketahui Penyebab Rambut Kering

Ketahui apa penyebab rambut Anda kering, jika rambut kering dikarenakan terlalu sering terkena sinar matahari, maka rambut harus mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi dari beberapa bahan alami seperti alpukat dan lemon. Jika Anda menggunakan alpukat, haluskan dulu alpukatnya hingga sampai berbentuk pasta, kemudian oleskan pada rambut mulai dari dasar rambut sampai ujung rambut, selain itu juga oleskan pada kulit rambut agar merata nutrisinya. Sedangkan untuk penggunaan lemon sebenarnya sama-sama dioleskan pada rambut secara merata, kemudian biarkan sejenak sekitar kurang lebih 15 menit dan selanjutnya dibilas menggunakan air.

Melindungi Rambut dengan Telur

Telur merupakan nutrisi penting bagi rambut, telur adalah bagian bahan yang digunakan sebagai shampoo, tidak hanya bisa membersihkan rambut, tetapi juga membuat rambut berkilau dan semakin kuat. Penggunaan telur untuk melindungi rambut sedikit bau amis, namun itu tak penting selama menyehatkan rambut Anda. Caranya adalah aduk telur dengan dicampur sedikit air hangat didalam cangkir, aduk sampai rata dan lembut, setelah itu oleskan telur ke rambut Anda secara perlahan-lahan, diamkan sejenak sampai terlihat mengering, kemudian bilas rambut Anda dengan air hangat.

Mencegah Kerusakan Rambut

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, untuk mencegah rambut agar tidak bermasalah dan mnegalami kekeringan sebaiknya Anda harus tahu penyebabnya, jika penyebabnya sinar matahari, sebaiknya jika Anda bepergian selalu gunakan pelindung kepala, baik itu topi, helm atau jilbab. Jika penyebabnya adalah karena bahan kimia dari sebuah produk, hindari pemakaian itu sementara, Anda bisa gunakan produk dengan bahan alaami seperti yang disebutkan diatas.

Sebagai kesimpulan cara untuk mengatasi rambut kering agar hasilnya maksimal , hindari terlalu sering penggunaan hair dryer pengering rambut. Rambut yang tak tahan dengan panas akan membuat warna rambut menjadi kusam dan akan mengurangi kekilauan rambut.  Hindari pula pembilasan rambut dengan menggunakan air panas, karena akan membuat rambut tidak sehat. Langkah lain disaat tidur, jangan menggunakan ikat rambut, biarkan rambut terurai agar disaat tidur rambut bisa bebas. Yang terakhir adalah hindari penggunaan sisir yang terlalu rapat, karena bisa jadi rambut Anda yang sehat akan tertarik dan rontok.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai cara untuk merawat rambut kering. Semoga memebrikan manfaat, dan jangan lupa lakukan perawatan rutin dengan bahan dan cara alami, serta konsultasikan kesehatan rambut Anda pada ahlinya.

0 Response to "Cara Untuk Mengatasi Rambut Kering"

Post a Comment