Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tahan Lama

Banyak sekali wanita yang suka memodifikasi rambutnya dengan berbagai bentuk. Mereka melakukan demikian tiada lain agar bisa tampil cantik dan tampil berbeda. Biasanya memodifikasi rambut yang mudah itu jika rambutnya berbentuk lurus, dan bagi rambut bergelombang atau rambut ikal biasanya mereka melurukannya terlebih dahulu dengan teknik smoothing. Smoothing merupakan alat pelurus rambut yang memiliki energi kalor (panas) dan penggunaanya rambut dijepit dengan alat itu sampai benar-benar lurus. Selain berfungsi untuk meluruskan rambut, juga bisa membuat rambut semakin lembut jika penggunaanya tidak berlebihan dan sesuai prosedur yang berlaku. - Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tahan Lama


Sebenarnya smoothing adalah bagian dari rebonding, hanya saja rebonding lebih lengkap langkah-langkahnya. Terlepas dari itu semua, rambut yang diluruskan menggunakan cara ini biasanya tidak akan bertahan lama. Mengapa tidak bisa bertahan lama, ada beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai ini, yang pertama dikarenakan keaslian bentuk rambut, rambut yang awalnya bergelombang dan ikal jika diluruskan menggunakan smoothing perlahan akan kembali lagi kebentuk semula, yang kedua menggunakan smoothing hanyalah sebagai proses instan untuk meluruskan rambut dengan disertai bahan tertentu , jika rambut terkena air atau dibilas dengan air atau dikeramasi, rambut akan kembali normal. Hal ini menandakan jika smoothing hanyalah langkah cepat meluruskan rambut.

Namun sebenarnya agar rambut yang sudah dismoothing tidak kembali kebentuk semula dan lebih menyehatkan rambut ada beberapa tips merawat rambut smoothing agar awet dan taha lama. Apa saja tipsnya:

Jangan Keramas Selama 3 Hari

Seperti yang sudah disebutkan diatas, rambut yang dibasuh dengan air dan dikeramasi akan menjadi kenormal lagi, mengapa, karena bahan atau obat yang digunakan smoothing akan habis dan luntur. Biarkan selama 3 hari tanpa keramas agar obat bisa meresap dengan baik. Usahakan memilih bahan atau obat smoothing dari bahan herbal, jangan sampai salah menggunakan obat karena akan berakibat rambut kering dan rontok.

Penggunaan Masker Rambut

Setelah berselang 3 hari hendaknya rawatlah rmabut Anda dengan penggunaan masker khusus rambut. Hal ini untuk menjaga rambut dari kototoran dan menjaga kelembaban rambut, serta memberikan nutrisi dan vitamin pada rmabut agar kuat dan awet. Langkah ini biasanya disebut hair mask.

Lakukan Keramas selama 2 minggu sekali

Setelah langkah diatas sudah sempurna, maka sekarang saatnya rambut Anda dikeramasi menggunakan shampo atau kondisioner yang cocok untuk rambut Anda. Fungsinya pun sama untuk memperkuat rambut dan membebaskan rambut dari masalah.

Hindari Pengeringan Menggunakan hair dryer

Jangan mengeringkan rambut setelah keramas menggunakan hair dryer itu akan menambah rambut semakin kacau. Sebaiknya keringkan dengan handuk ditekan perlahan-lahan.

Jangan Mengikat atau Menjepit Rambut

Mengikat atau menjepit rambut akan meninggalkan bekas gelombang pada rambut, hindari ini, biarkan rambut terurai dengan bebas. Sebaiknya hindarkan rambut dari kontak langsung sinar matahari.

Kesimpulan terakhir agar rambut hasil smoothing bisa awet dan tahan lama, yaitu: Hindari pemakaian cat rambut, jauhi catok rambut yang terlalu sering, gunakan pelembab rambut agar rambut terjaga dari kotoran dan terlihat tetap berkilau dan sisirlah rambut menggunakan sisir bergerigi agar tak mudah rontok serta lakukan selama sebulan sekali trim rambut untuk menghilangkan ujung rambut yang kasar.

Dengan mengikuti Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tahan Lama, maka rambut Anda yang sudah di smoothing bisa lebih tahan kekilauannya, akan tahan lurusnya rambut serta akan kuat dan tidak rontok. Jika masih ada kendala , sebaiknya lakukan konsultasi dan pemeriksaan kepada ahli kesehatan atau kecantikan.

3 Responses to "Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Awet dan Tahan Lama"

  1. salam kenal.. Boleh dicoba caranya..
    oya klo cara memcara merawat kaos kaki wanita biar lebih awet?..
    Mohon batuannya..

    ReplyDelete
  2. salam sukses..
    kenapa kita dilarang mengeringkan memakai hair dryer...
    dan untuk menjaga kesehatan apakah kaos kaki wanita sangat dianjurkan...

    ReplyDelete
  3. Hahahaha...ada ada aja penulis blog ini,saya bis smoothing juga aku kucir ke atas.
    Klo sering catok memang bikin rambut kering,tapi kalo seminggu kita masker rmbt kita,sebulan ujung rambut di rapiin,rmbt pasti sehat..2 minggu baru keramas,apa gak ketombean...lolz

    ReplyDelete