Cara Menghilangkan Eksim Kulit Kepala

Eksim atau yang biasa disebut dermatitis merupakan salah satu peyakit kulit yang cukup mengganggu penderitanya. Eksim umumnya terjadi pada mereka yang alergi terhadap sabun atau produk-produk lain yang menempel di kulit atau adanya infeksi dari jamur atau bakteri akibat kurangnya higienitas. Namun eksim juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau turunan. Eksim juga dapat terjadi pada siapapun termasuk pada bayi sekalipun. Kali ini kita akan mencoba sedikit mengulas penyakit eksim pada kulit kepala dan cara menghilangkannya. 

Cara Menghilangkan Eksim Kulit Kepala

Seperti eksim pada anggota tubuh lainnya, eksim di kepala juga mempunyai beberapa ciri fisik yang bisa dikenali, seperti adanya peradangan di kulit kepala, adanya bercak merah atau ruam, terasa gatal, kering, dan bersisik. Karena letaknya di kepala, tak jarang orang menganggap  ini sebagai ketombe. Adapun beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan eksim pada kulit kepala anda antara lain:

  • Hindari menggaruk secara berlebihan karena hal ini dapat menimbulkan lecet yang memperparah eksim pada kulit kepala anda.
  • Campurkan minyak kelapa dan kamper atau kapur barus, lalu usapkan pada kulit kepala yang terpapar eksim
  • Sebelum keramas, coba pijit kulit kepala anda dengan minyak zaitun. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyaman yang menggantikan rasa gatal di kulit kepala anda.
  • Campuran kunyit dan garam juga dipercaya mampu mengurangi eksim, caranya sama seperti contoh di atas
  • Bila anda menggunakan shampo yang dijual di pasaran, pastikan anda menggunakan shampo dan conditioner yang tepat  atau cocok untuk kulit kepala anda
  • Untuk pengobatan secara medis, anda bisa menggunakan salep yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison atau berkonsultasi langsung ke dokter kulit.

Selain beberapa cara di atas,perlu diketahui juga, bahwa pola makan dan asupan gizi yang masuk tubuh anda turut serta dalam menghilangkan eksim di kulit kepala anda. Karena beberapa makanan yang diduga turut menjadi pemicu terjadinya eksim adalah produk susu, telur, kacang-kacangan, dan kafein. 

Demikian, penjelasan singkat tentang cara menghilangkan eksim kulit kepala, bila tips di atas kurang berpengaruh, ada baiknya jika anda konsultasi langsung dengan dokter ahli. Terima kasih semoga bermanfaat. 


0 Response to "Cara Menghilangkan Eksim Kulit Kepala"

Post a Comment