Mengatasi Kulit Kepala Berkerak Secara Alami Pada Bayi

Masalah kulit berkerak pada bayi sangatlah memprihatinkan, karena selain mengganggu pandangan juga dapat member kesan yang kurang enak pada bayi. Salah satu aspek yang wajib diperhatikan adalah kebersihan pada kulit kepala, kulit kepala yang tidak terawatt akan menimbulkan beberapa masalah pada kulit kepala tidak terkecuali pada kulit kepala bayi, bercak merah dan bersisik adalah awal terjadinya kerak di kulit kepala bayi yang biasa disebut dalam dunia medis dermatitis saboroik, kerak disebabkan oleh kelenjar kulit lemak yang sangat aktif. 

Mengatasi Kulit Kepala Berkerak Secara Alami Pada Bayi

Kelenjar lemak kulit atau sebum ini aktif dalam memproduksi minyak yg berlebih dan mengering pada kulit kepala akan menimbulkan lapisan yang berbentuk kerak. Tentu saja anda tidak mau kan bila bayi anda mengalami seperti ini?. Akan tetapi para ibu tidak usah terlalu khawatir sebab produksi minyak berlebih pada bayi bersifat sementara dan dapat hilang setelah beberapa hari. Cuma saja bila keadaan kulit bayi anda sudah normal kembali tidak ada salahnya untuk membersihkan kerak pada kulit bayi anda, tujuannya agar pertumbuhan rambut bayi tidak terhambat oleh kerak-kerak yang menempel pada kulit kepala bayi anda. Berikut beberapa tips mengatasi kulit kepala berkerak secara alami pada bayi :

Minyak Zaitun 
Minyak zaitun bermanfaat sebagai melunakkan kerak kepala yang mengeras pada kulit bayi anda, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala yang berkerak, lalu diamkan beberapa saat untuk melunakkan kerak lalu sisir dengan halus agar kerak rontok dari kulit kepala, setelah itu bersihkan dengan shampo khusus untuk bayi.

Kayu Sacang 
Kayu sacang juga dapat berfungsi sebagai antiseptic pada kulit kepala bayi anda, karena kandungan zat alami yang dapat membersihkan kerak pada kulit bayi anda, caranya dengan memotong-motong kayu sacang, selanjutnya rebus kayu sacang dengan air setelah menjadi air rebusan kayu sacang yang bewarna merah, gunakan sebagai campuran saat bayi anda akan mandi bersihkan dengan lembut dan rutin 2X sehari.

Demikian penjelasan singkat tentang tips mengatasi kulit kepala berkerak secara alami pada bayi, bila penjelasan diatas dirasa kurang, ada baiknya jika anda konsultasi dengan dokter ahli untuk lebih jelasnya. Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengatasi Kulit Kepala Berkerak Secara Alami Pada Bayi "

Post a Comment